Header Ads

Kali Sapi Desa Glempang Kecamatan Mandiraja Terima 40.000 Benih Ikan dari Dinas Perikanan & Kelautan Banjarnegara

theBlangsakan - Kali Sapi yang membelah desa Glempang kecamatan Mandiraja kabupaten Banjarnegara, menerima 40.000 benih ikan dari Dinas Perikanan & Kelautan [DPK] Banjarnegara pada Rabu silam, 29/3/2017.

Para warga, perangkat dan Babinsa desa Glempang bersama DPK Banjarnegara rame rame menyemplungkan benih benih ikan jenis Melem dan Mujaer Nila di satu titik yaitu grumbul Karangendep dusun III Kedungpane.

Proses penebaran ribuan benih ikan di kali Sapi ini mendapat perhatian yang sangat antusias dari warga desa.

Sebelum menebar benih ikan, DPK Banjarnegara mengadakan pertemuan  sosialisasi di Balai Desa Glempang.

Pertemuan tersebut dihadiri kepala desa Glempang beserta perangkat, para tokoh masarakat, dan warga desa.

Hadir pula kepala DPK kecamatan Mandiraja dan perwakilan Dinas Pertanian kecamatan Mandiraja untuk wilayah desa Glempang.

Dalam pertemuan itu, DPK Banjarnegara menekankan pentingnya menjaga ekosistem sungai atau kali Sapi kususnya yang melintasi desa Glempang.

Sudarno kepala dusun III Kedungpane menyampaikan, tujuan utama bantuan benih ikan dari DPK Banjarnegara itu untuk menambah ketersediaan ikan di kali Sapi. Harapannya, dapat meningkatkan penghasilan warga desa yang suka menangkap ikan di kali Sapi.

Terkait penangkapan ikan di kali Sapi, Sudarno menyampaikan pesan dari DPK Banjarnegara, supaya para warga tidak menggunakan racun potas dan alat setrum ikan di kali Sapi karena akan merusak kehidupan sungai. Menangkap ikan di kali Sapi bebas bagi siapa saja, asalkan menggunakan pancing, jala, atau seser.

Kali Sapi yang melintasi desa Glempang berada di antara dusun III Kedungpane dan dusun IV Gandul Adisara. Kali ini melintasi desa Glempang sejauh sekitar 3 kilometer lalu melintasi desa desa di bawahnya hingga kemudian bermuara di sungai Serayu.














Selain di kali Sapi, dalam hari yang sama, Dinas Perikanan Banjarnegara juga menebar 10.000 benih ikan di embong atau tempat penampungan air yang terletak di dusun IV desa Glempang.







#JurnalisWarga #JurnalisDesa
sumber poto: Kepala Dusun III Kedungpane desa Glempang